Bupati Kebumen

Gombong- H.Arif Sugiyanto S.H Bupati Kebumen melaunching secara resmi atas perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Gombong menjadi Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO).

Dalam sambutanya Bupati sangat berbangga kepada Universitas Muhammadiyah Gombong berada di wilayah Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen, dengan adanya UNIMUGO inilah nantinya akan mencipkan SDM yang unggul berkarakter dan cerdas.

UNIMUGO merupakan kampus yang berkontribusi terhadap penanganan pandemi virus covid-19 dengan melibatkan mahasiswa untuk ikut menjadi relawan rumah sakit yang ada di Kebumen,ujar beliau saat sambutan.

Launching UNIMUGO mendasar dari surat keputusan Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi nomor 312/E/0/2021 tentang penggabungan Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong menjadi Universitas Muhammadiyah Gombong.

Launching dilaksanakan secara hybrid (ofline dan online) dengan protokol kesehatan yang ketat untuk tamu undangan yang hadir di Aula.
Ucapan selamat disampaikan oleh Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah serta dari Kepala LLDIKTI VI Prof.Muhammad Zainuri,DEA melalui online.

Turut  hadir dalam acara tersebut,Kapolres Kebumen,AKBP Piter Yanottama SIK, sejumlah tokoh persyarikatan Muhammadiyah diantaranya H.Tafzir,M.Ag Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kebumen H.Abduh Hisyam dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gombong Widiantoro,S.Pd.MM serta Forkompinda Kabupaten Kebumen.

dr.Fatah Widodo,Sp.M.,M.Kes selaku Badan Pembina Harian UNIMUGO mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada segenap tamu undangan yang telah hadir dan melihat di youtube. Memang acara oleh panitia dikemas dengan sistem ofline (pembatasan tamu) dan online secara daring di youtube, karena masih pandemi. Saya ucapakan terimakasih juga kepada Panitia,Jajaran Pimpinan serta Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Gombong yang telah mempersiapkan rangkaian Launching ini dengan maksimal, sehingga acara dapat berjalan dengan baik.

Semoga dengan adanya Universitas Muhammadiyah Gombong kedepannya mampu bersinergi dan bisa berprestasi dari mahasiswa,dosen maupun karyawan sehingga dapat menciptakan kader-kader yang siap berkompetisi di Era Global.

Rangkaian Launching Universitas Muhammadiyah Gombong, diantaranya baksos dengan Tema UNIMUGO berbakti mencerahkan negeri yang dilaksanakan diberbagai wilayah seperti desa Selotumpeng Kecamatan Mirit, Wadasmalang Kecamatan Karangsambung, Purbowangi Kecamatan Buayan, Panti Asuhan Muhammadiyah dan warga sekitar Kecamatan Gombong serta penyerahan penghargaan kepada 7 karyawan masa kerja lebih dari 20 tahun dari pekarya dan dosen, serta tidak kalah menarik termasuk penampilan UKM seni dengan nyanyian lagu tradisional di kemas dengan tarian dance oleh mahasiswa UKM Seni UNIMUGO. Masih ada rangkaian selanjutnya yakni vaksinasi covid-19 untuk masyarakat umum yang rencana akan dilaksanakan pada hari Ahad,17 Oktober 2021 yang sudah tercatat lebih dari 4000 pendaftar vaksin.

Alhamdulillah kita persiapan selama lebih kurang 1 tahun proses penggabungan dan mendapatkan SK dari Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi per 5 Juli 2021 kemarin, terdiri dari 2 Fakultas, yakni Fakultas Ilmu Sosial dan Fakultas Ilmu Sains dan Terapan yang terbagi menjadi 11 Program Studi, ujar Dr.Hj.Herniyatun,M.Kep.,Sp.,Mat Rektor Universitas Muhammadiyah Gombong.

Adapun 2 faktultas dengan 11 Program Studi.
●Fakultas Ilmu Sosial :
– Hukum S1
– Manajemen S1

●Fakultas Sains dan Ilmu Terapan
– Kebidanan D3
– Kebidanan S1
– Profesi Bidan
– Teknik Industri S1
– Keperawatan D3
– Keperawatan S1
– Profesi Ners
– Farmasi S1
– Perawatan Mesin D3

Program unggulanya, akan kita kemas agar semua program studi dapat menjadi unggul. “Untuk program studi yang baru dibuka Alhamdulillah langsung dapat mahasiswa baru, sedangkan untuk program studi kesehatan sudah melebihi target,pungkasnya”